(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Practice Tests

(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Practice Tests

Biologi seorang dokter melakukan pemeriksaan urine terhadap 3 orang pasien. Berdasarkan hasil pemeriksaan urine tersebut diketahui bahwa urine pasien X mengandung darah urine pasien Y mengandung glukosa serta urine pasien Z mengandung asam urat dan garam organik. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut dokter mendiagnosis pasien X mengalami hematuria pasien Y mengalami diabetes melitus dan pasien Z mengalami batu ginjal benarkah diagnosis dokter tersebut? jelaskan!​

seorang dokter melakukan pemeriksaan urine terhadap 3 orang pasien. Berdasarkan hasil pemeriksaan urine tersebut diketahui bahwa urine pasien X mengandung darah urine pasien Y mengandung glukosa serta urine pasien Z mengandung asam urat dan garam organik. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut dokter mendiagnosis pasien X mengalami hematuria pasien Y mengalami diabetes melitus dan pasien Z mengalami batu ginjal benarkah diagnosis dokter tersebut? jelaskan!​

Dokter mendiagnosis penyakit yang diderita pasien X, Y dan Z berdasarkan hasil pemeriksaan urine. Diagnosis dokter untuk pasien X benar, urine yang dikeluarkan yaitu mengandung darah, sehingga pasien X menderita penyakit hematuria. Diagnosis untuk pasien Y juga benar, urine yang dikeluarkan yaitu mengandung glukosa, sehingga pasien Y menderita penyakit diabetes militus. Namun untuk diagnosis pasien Z kurang tepat, dimana urine yang dikeluarkan yaitu mengandung asam urat dan garam organik. Kandungan dari urine tersebut tergolong normal. Sehingga pasien Z dinyatakan sehat atau tidak ada kelainan pada sistem eksresinya.

Pembahasan

Diketahui terdapat tiga pasien yang telah melakukan pemeriksaan urine. Hasil dari pasien X yaitu urine-nya mengandung darah, sehingga dokter mendiagnosis pasien X mengalami penyakit hematuria. Hasil dari pasien Y yaitu urine-nya mengandung glukosa, sehingga dokter mendiagnosis pasien Y mengalami penyakit diabetes militus. Hasil dari pasien Z yaitu urine-nya mengandung asam urat dan garam organik, sehingga dokter mendiagnosis pasien Y mengalami penyakit batu ginjal.

Hematuria yaitu gangguan sistem ekskresi manusia dimana dalam urine yang dikeluarkannya mengandung sel darah merah atau darah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya terjadi infeksi pada saluran kemih sehingga bakteri berkembang biak di dalamnya dan menyebabkan pengidapnya nyeri saat buang air kecil. Kedua yaitu infeksi ginjal, terjadi gangguan pada proses filtrasi di glomerulus. Ketiga yaitu infeksi virus.

Diabetes militus yaitu gangguan sistem ekskresi manusia dimana dalam urine yang dikeluarkannya mengandung glukosa. Hal ini disebabkan karena penurunan produksi insulin pada pankreas serta terganggunya proses reabsropsi glukosa dalam glomerulus.

Batu ginjal yaitu kondisi dimana terjadi pemadatan mineral dan garam pada ginjal, sehingga menyebabkan pengidapnya mengalami rasa sakit luar biasa saat kencing.

Urine yang sehat dan normal yaitu berwarna jernih dan sedikit kuning karena adanya zat warna empedu. Urine normalnya mengandung zat seperti air, urea, asam urat, ammonia, keratin, asam laktat, asam fosfat, asal sulfat, klorida, garam organik dan beberapa zat yang berlebihan dalam darah.

Sehingga dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa diagnosis dokter untuk penyakit yang diderita pasien X dan Y yaitu benar, penyakit hematuria dan diabetes militus. Namun untuk pasien Z, yaitu mengeluarkan urine yang normal dan dinyatakan sehat. Karena asam urat dan garam mineral tidak mengendap dalam ginjal sehingga tidak mengidap penyakit batu ginjal.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang gangguan sistem ekskresi : https://brainly.co.id/tugas/15323242

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]